Langsung ke konten utama

Makalah Tenta Perkembangan Komputer

MAKALAH KKPI
PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI MASA KEMASA








SMKN 1 BELOPA


DISUSUN OLEH :
NAMA : MUHAMMAD ARDIANSYAH
KELAS : XTKJ2



2013



DAFTAR ISI
Cover………………………………….........................................................…………………………. i
Kata Pengantar …………………………………………........................................…………………………………… ii
DaftarIsi ……………………………………………………...............................………………………………. iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang ……………………………………….....................................…………………… 1
1.2. Rumusan Masalah ………………………………........................................................…………… 1
1.3. Tujuan ………………....................................................…………………........……………………………… 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Komputer ……………………………………….....…………...............……………… 2
2.2. Penemu Komputer……………………………………............................................…………………………… 2
2.3. Awal Perkembangan Komputer Sampai Sekarang……………………………………….........…… 3
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan ………………………………………………......................................……………… 6
3.2. Saran – saran ……………………………………….......................................................………… 6
3.3. Daftar Pustaka …………………………………................................................................………. 7





KATA PENGANTAR
            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat pada waktunya. Makalah ini berisikan tentang bagaimana sejarah perkembangan komputer dari awal mulanya hingga seperti saat ini. Makalah ini merupakan tugas KKPI yang diberikan  oleh guru pembimbing saya di SMKN 1 Belopa
            Mengingat waktu yang begitu singkat yang diberikan, tentu saja makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik yang membangun agar dapat menambah kekurangan dari makalah ini.
Semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya

Belopa, 2-september-2013
     PENYUSUN







BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar belakang

Di zaman modern seperti saat ini komputer bukan lagi barang yang aneh. Komputer begitu penting  terutama sebagai penunjang kegiatan bisnis. Dengan menggunakan computer seseorang dapat memudahkannya dalam bekerja. Dan besarnya manfaat computer bisa dirasakan  dalam hal : efisiensi waktu, biaya, tenaga, kecermatan dan ketelitian dalam menghitung, ketetapan suatu analisa jumlah data yang dapat diolah besar dapat memecahkan masalah-masalah yang rumit  yang tidak dilakukan tanpa computer. Semua orang mungkin tau apa itu computer namun tak semua orang tau bagaimana sejarah computer hingga bisa seperti sekarang dan dapat memudahkan pekerjaan kita. Oleh karena itulah makalah tentang sejarah perkembangan computer ini dibuat ini dibuat dan juga untuk tugas ospek yang diberikan.

1.2 Rumusan masalah

1.          Apa Pengertian Komputer?
2.          Siapa Penemu Komputer?
3.          Bagaimana sejarah computer dari awal hingga saat ini?

1.3  Tujuan
                             1.      Mengetahui apa itu computer
                             2.      Mengetahui Siapa Penemu Komputer
                             2.      Mengetahui bagaimana sejarah computer dari awal hingga saat ini










BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
2.2 Penemu Komputer
PENEMU PERTAMA KOMPUTER
Charles Babbage yang lahir 26 Desember 1792 adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London. Tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan. Charles Babbage meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun, meninggalkan anak ; Benjamin Herschel Babbage (1815), Charles Whitmore Babbage (1817), Georgiana Whitmore Babbage (1818), Edward Stewart Babbage (1819), Francis Moore Babbage (1821), Dugald Bromheald Babbage (1823), Henry Prevost Babbage (1824), Alexander Forbes Babbage (1827), Timothy grant Babbage (1829)
Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan. Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz. Gagasan awal tentang mesin Babbage ditulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan berjudul "Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables" ("catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan matematis") tertanggal 14 Juni 1822.
Sejarah Komputer diawali ketika Penemu Inggris Charles Babbage menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya, yang diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena "mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik). Sayangnya, berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup merampungkan konstruksi "mesin analis" itu, selain memang tidak bisa tidak memerlukan waktu dan biaya besar. Sesudah matinya, gagasannya yang begitu cemerlang nyaris dilupakan orang.
Tahun 1937, tulisan Babbage menjadi perhatian Howard H. Aiken, sarjana tamatan Harvard. Aiken yang juga sedang mencoba menyelesaikan rancangan mesin komputer, tergerak oleh gagasan Babbage. Bekerjasama dengan IBM, Aiken sanggup membuat Mark I, komputer pertama untuk segala keperluan. Dua tahun sesudah Mark I dioperasikan (1946), kelompok insinyur dan penemu lain menyelesaikan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama. Sejak itu, kemajuan teknologi komputer berkembang pesat.
Mesin hitung punya pengaruh begitu besar di dunia, malahan akan menjadi lebih penting lagi di masa depan, sumbangan pikiran Babbage terhadap perkembangan komputer tidaklah lebih besar ketimbang Aiken atau ketimbang John Mauchly dan J.O. Eckert (tokoh utama dalam perancangan ENIAC). Atas dasar itu paling sedikit ada tiga pendahulu Babbage (Blaise Pascal, Gottfried Leibniz dan Joseph Marie Jacquard) sudah membuat sumbangan setara dengan Babbage. Pascal, seorang matematikus, filosof dan ilmuwan Perancis menemukan mesin penjumlahan mekanis tahun 1642.
Di tahun 1671 Gottfired Wilhelm Von Leibniz, seorang filosof dan matematikus merancang mesin yang dapat menjumlah, mengurangi, mengalikan dan membagi. Leibniz juga orang pertama yang menunjukkan arti penting "sistem binary," yaitu sistem penjumlahan dengan dua "digit" yang dalam jaman modern ini secara luas digunakan dalam mesin komputer. Dan orang Perancis lainnya, Jacquard, yang di awal abad ke-19 sudah menggunakan sistem pengisian komputer untuk mengawasi alat tenun. Alat tenun Jacquard yang laku deras secara komersial, punya pengaruh besar terhadap pemikiran Babbage. Boleh jadi mempengaruhi juga Herman Hollerith, seorang Amerika yang di penghujung abad 19 menggunakan sistem pengisian komputer untuk membuat kolom data di Biro Sensus.

2.3 Awal Perkembangan Komputer Sampai Sekarang

Terciptanya computer diawali dengan perkembangan alat hitung, angka dalam meninjau perkembangan computer kita tak lepas dari  perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan  adalah abcus ( di Indonesia masih dikenal dengan semphoa) alat ini berasal dari timur tengah dikenal di eropa pada Marcopolo
Pada tahun 1642 seorang pemuda berumur i6 tahun bernama Blaise Pascal membuat sebuah mesin jumlah (mechanical Adding Mavhine) yang digunakan pada kantor ayahnya di Rouen Perancis pada tahun 1967, seorang phyosopy jerman bernama Leibniz membuat mesin hitung yang dapat menambah dan mengalikan. Pada tahun 1975 seorang Peranviz bernama Joseph Mario Jacuard, merancang sebuah metode penggunaan lubang-lubang pada kartu untuk mengontrol benar0benar pada penenum tekstil. Pada tahun 1833, Charles Babbage menggunakan konsep yang mendekati stored program pada computer modern dan mesinnya disebut Analytical Engine. Pada tahun 1854, George boole menerapkan operasi matematika logic, penemuan ini merupakan sumbangan besar dalam perkembangan menuju abad computer.
Pada tahun 1880, Dr. Herman Hollerith dari United States Census Bureau menemukan metode dengan menggunakn punch card untuk merekam data dalam mesin sensusnya. Hal ini membawa ollerth kearah suksesnya pada tahun 1886 ia mendirikan tabulasi Machine Company dikemukakan hari Tabulating Machnie Company dan berkembang menjadi internasional Bussines Machine Corporation (I.B.M.). Pada tahun1908 james Power dari Census Baeau merencanakan mesin untuk memproses dngan menggunakan punch car dan mesin ini digunakan pada tahun 1910. Pada tahun 1911 ia membentuk Power accounting Machine Company yang kemudian hari menjadi Remington Rand Company.
A.    Generasi Komputer
Hingga saat ini perkembangan computer dapat  dapat dikatakan telah mengalami 6 regenerasi yaitu
·         pra generasi ( sebelum tahun 1946 ),
·         generasi I ( tahun 1946-1959),
·         generasi II (tahun  1959-1965),
·         generasi III ( tahun 1965-1970),
·         generasi IV ( sejak tahun 1970),
·         generasi V ( sekarang dalam tahap perkembangan)
B.     Komputer Generasi Pertama
·            Komponen utama yang digunakan adalah transistor sirkuitnya
·            Program yang dibuat dengan bahasa tingkat, seperti : Fortran , Cobol, Alkgol
·            Kapasitas memori utamanya sudah cukup besar
·            Ukuran fisik computer lebih kecil
·            Proses operasi sudah cepat dapat memproses jutaan  operasi perdetik

C.     Komputer generasi III ( tahun 1965-1970)
  • Komponen yang digunakan adalh IC (integral Circuit)
  • Prosesnya lebih cepat hamper 10.000 kali dari computer generasi pertama
  • Kapasitas memori lebih besar dapat menyimapn ratusan ribu karakter
  • Penggunaan listrik lebih hemat
  • kemampuan melakukan data dari computer satu engan lainnya, misalnya lewat alat telekomunikasi telepon  contohnya: IBM S/ 360, NOVA

D.    Komputer generasi IV ( sejak tahun 1970)
Sejak dari generasi ketiga orang mulai sulit membayangkan computer generasi selanjutnya, karena telah banyak sekali perkembangannya. Perkembangan yang telah terjadi yang sebelumnya belum dipikirkan  tetapi sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai computer generasi keempat. Yang pertama adalah penggunaan Large Scale Intergation (LSI) . LSI merupakan pemedatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip. LSI kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Intergation). Yang kedua adalah dikembangkan nya computer mikro yang menggunakan microprocessor dan semi conductor yang berbentuk chip untuk memri internal komputer.
Contoh computer generasi keempat yang pertama :
  • Tahun 1970, IBM 370 telah menggunakn LSI yang merupakan computer generasi keempat pertama
  • Tahun 1977 perusahaan detepoint corporation mengumumkan Arcnet yang merupakan komputer Local Area Network (LAN), LAN adalahjaringan computer yang saling berhubungan satu dengan computer yang lainnya yang dihubungkan dengan kabel satu area lokal.
  • Tahun 1977 merupakan perkembangan yang sangat penting dalam dunia computer mikro sejak saat ini mempunyai bentuk fisik yang kecil dengan harga murah yang dapat digunakan oleh masyarakat sehingga disebut dengan computer personal.
  • Tahun 1981 Xerox komputer  memperkenalkan computer di atas meja desktop computer yang dapat menampilkan beberapa bentuk dilayar sekaligus dalam bentuk jendela dan menggunakan alat mous yang pertama.

E.     Komputer Generasi kelima

Komputer generasi kelima sedang dalam perkembangan computer yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Intergation) disamping menggunakan VLSI juga sedang dilakukan pengembangan terhadap Josephson Junction  yang memungkinkan bisa mengganti chip. Josephson mempunyai keampuan memproses milyard oprasi per detik. Jepang adalah egar yang mempelopori perkembangang generasi kelima.











BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
Oleh karena itu, kata dasar komputer berasal dari kata “compute” yang berarti menghitung dengan kata lain komputer berati alat penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasannya logika matematikanya yang sangat sepesial membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun computer selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan computer dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari computer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan computer maka hanya bisadikantor atau dirumah, kalau sekarang mereka bias menggunakan computer tersebut dimana saja yang mereka inginkan.
3.2.Saran
Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan adanya teknologi computer dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.
Kemajuan computer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Klasifikasi Komputer Berdasarkan Data, Ukuran, Generasi, Tujuan Pembuatan, Prosessor, Kemampuan, Dan Bidang Masalah

Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah 1. Komputer Analog, digunakan mengolah data secara kualitatif Contoh : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU 2. Komputer Digital, digunakan mengolah data secara kuantitatif. Contoh : Komputer yang kebanyakan kita kenal. 3. Komputer Hibrid, kombinasi dari analog dan digital. Contoh : Facsimile KLASIFIKASI KOMPUTER Berdasarkan Ukuran 1. Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu orang. Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll 2. Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh : komputer Alfa, dll 3. Supercomputer, merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar. Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll Mainframe, komputer dengan kemampuan processor sangat besar. Berdasarkan Generasi 1. Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa 2. Generasi II, tahun 195

Makalah Resistor,Induktor,dan Kapasitor

A.RESISTOR Resistor merupakan komponen elektronika yang berfungsi untuk membatasi arus listrik dan juga digunakan sebagai pembagi tegangan listrik, atau resistor dapat dikatakan juga sebagai penentu besarnya suatu arus dan tegangan listrik pada suatu rangkaian elektronika. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa resistor berfungsi untuk menahan arus listrik sehingga setiap resistor memiliki nilai tahanan (resistansi) tertentu. Satuan besarnya nilai tahanan suatu resistor adalah Ohm (Ω). Ohm diambil dari seseorang bernama Georg Simon Ohm yang berkebangsaan Jerman, dimana dia adalah fisikawan penemu hubungan antara arus, tegangan dan tahanan pada suatu rangkaian listrik yang kemudian dikenal sebagai hukum Ohm. 1.2 Simbol Resistor Simbol resistor pada suatu rangkaian elektronika pada umumnya dibagi menjadi dua jenis yaitu simbol Amerika dan simbol Eropa, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut. Simbol Eropa ditunjukkan oleh R1 sedangkan R2 merupakan simbol Amerika.

Macam-Macam Persyaratan Hardware Untuk Sistem Operasi

Langsung saja......... sesuai judulx SPESIFIKASI MINIMUM WINDOWS XP Persyaratan minimum hardware pada Windows XP Professional meliputi:  • Prosesor Pentium 233-megahertz (MHz) atau yang lebih cepat (disarankan 300 MHz) • RAM sekurangnya 64 megabyte (MB) (disarankan 128 MB) • Ruang hard disk sekurangnya 1.5 gigabyte (GB)  • Memiliki Drive CD-ROM atau DVD-ROM • Keyboard dan Mouse Microsoft atau beberapa perangkat penunjuk kompatibel lainnya • Adaptor video dan monitor dengan resolusi Super VGA (800 x 600) atau yang lebih tinggi • PC mendukung Adapter Card • PC mendukung Speaker atau headphone SPESIFIKASI MINIMUM WINDOWS 7 Spesifikasi minimum hardware yang harus dipenuhi sebelum menginstall windows 7 pada sebuah desktop PC ata notebook adalah sebagai berikut  : Processor Intel dengan kecepatan 1 GHz (32 bit atau 64 bit). RAM minimal 1 GB untuk 32 bit dan 2 GB untuk 64 bit. Space hard disk yang masih tersisa minimal 16 GB untuk 32 bit dan